Senin, 27 Januari 2020

Perbandingan Trigonometri

Bangun segitiga yang bermacam-macam ukurannya memiliki perbandingan trigonometri yang sama antara satu dengan yang lain. Perbandingan yang tetap ini dapat kita gunakan untuk mengukur tinggi sebuah pohon atau suatu bangunan yang belum kita ketahui. Ajaklah satu orang teman kalian untuk turut serta dalam uji coba ini. Cara yang digunakan adalah posisikan kalian, teman kalian, serta pohon atau bangunan yang akan dihitung tingginya dalam satu garis lurus. Dalam suatu bayangan, posisikan kalian dalam ujung bayangan benda yang diukur. Posisikan teman kalian sehingga ujung bayangannya berimpit dengan bayangan benda. Kemudian hitung masing-masing tinggi badan teman kalian (t), banyaknya langkah dari kalian ke teman kalian (a), dan banyaknya langkah dari posisi kalian ke pohon (b).
Akhirnya, kita dapat menghitung  bangunan dengan rumus:

A. Perbandingan Trigonometri

1. Perbandingan Trigonometri Suatu Sudut pada Segitiga Siku-Siku
Perbandingan trigonometri untuk sudut α pada segitiga siku-siku OAB didefinisikan sebagai berikut.
x = sisi siku-siku samping sudut (proyeksi) 
y = sisi siku-siku depan sudut (proyektor) 
r = sisi miring (proyektum)

Perbandingan trigonometri untuk sudut α pada segitiga siku-siku OAB didefinisikan sebagai berikut.
Dari perbandingan di atas, kita memperoleh hubungan sebagai berikut.

Contoh: 
Suatu garis OP dengan O (0,0) dan P (12,5) membentuk sudut α terhadap sumbu X positif. Tentukan perbandingan trigonometrinya! 
Penyelesaian:

2. Perbandingan Trigonometri Sudut Khusus 
Sudut istimewa adalah sudut dengan nilai perbandingan trigonometri yang dapat ditentukan nilainya tanpa menggunakan tabel trigonometri atau kalkulator. Sudut-sudut istimewa antara lain: 0°, 30°, 45°, 60°, 90°, 120°, 135°, 150°, dan seterusnya.
a. Sudut 0° 
b. Sudut 30° dan 60° 
Jika ∠ ABC = 90° dan α 1 = 30° maka α 2 = 60°. Dengan perbandingan AB : BC : AC = : 1 : 2 diperoleh:

c. Sudut 45° 
Jika ∠ ABC = 90° dan sudut α = 45° maka dengan memerhatikan gambar di samping diperoleh: AB = BC = sama panjang = 1; AC = 
 Diperoleh:

d. Sudut 90°
Karena α = 90° maka AC berimpit sumbu Y. Jadi AC = AB = 1 dan BC = 0. 
Diperoleh:
Dari uraian di atas, diperoleh tabel sebagai berikut.
Contoh: 
Diketahui segitiga ABC siku-siku di B, ∠ BAC = 30°, dan panjang sisi AC = 30 cm. Hitunglah panjang sisi a dan c.


3. Perbandingan Trigonometri Sudut di Berbagai Kuadran
a. Sudut pada Kuadran
Sumbu-sumbu pada koordinat membagi bidang koordinat menjadi empat daerah yang disebut kuadran. Dengan begitu, besar sudut α dapat dikelompokkan menjadi 4 daerah seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Dari gambar di atas dapat ditentukan tanda (+/–) nilai perbandingan trigonometri pada masing-masing kuadran.
i. Sudut Berelasi
a. Sudut di Kuadran I (0° < x < 90°) 
Perhatikan Δ OAP di kuadran I dan titik P (x, y).
Dapat disimpulkan bahwa:
Contoh: 
1. sin 30° = sin (90° – 60°) = cos 60° 
2. cos 45° = sin (90° – 45°) = sin 45° 
3. tan 30° = tan (90° –60°) = cot 60°

b. Sudut di Kuadran II (90° < x < 180°) 
Perhatikan Δ OAP di kuadran I, titik P (x,y) dan titik P′ (–x,y) di kuadran II.
Dari beberapa rumusan di atas, dapat disimpulkan:
c. Sudut di Kuadran III (180° < x < 270°) 
Perhatikan Δ OAP di kuadran I dan titik P (x,y) dan titik P′ (–x,–y) di kuadran III. Diperoleh relasi sebagai berikut.
Dari beberapa rumusan di atas, dapat disimpulkan:
d. Sudut di Kuadran IV (270° < x < 360°) 
Perhatikan Δ OAP, titik P (x,y) di kuadran I, Δ OA′P′ dan P′ (x′,y′) di kuadran IV. Diperoleh relasi sebagai berikut.
Dari beberapa rumusan tersebut diperoleh hubungan sebagai berikut.

54 komentar:

  1. Siip....mantap materinya. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Apakah dalam trigonometri hanya bisa mengukur sebuah pohon atau bangunan saja?


    Dian Ardiansah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mengukur tinggi gedung, menara, dan juga bisa ngukur lebar sungai

      Hapus
  3. Materinya mudah dimengerti. Terima kasih



    Muhammad alwan fauzan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajari materinya kemudian coba kerjakan soal latihannya.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Materinya cukup mudah dimengerti,dan akan coba diaplikasikan dikehidupan sehari-hari..makasih

    BalasHapus
  6. Materinya cukup mudah dimengerti,dan akan coba diaplikasikan dikehidupan sehari-hari..makasih

    Raflianto

    BalasHapus
  7. Siapa Penemu Trigonometri ? Dan apa tujuan dasar si penemu menciptakan Trigonometri ?

    Tegar Ikhwan Hakim A

    BalasHapus
  8. Apa Yang Dimaksud Dengan Trigonometri?


    Wily Suwandy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = "tiga sudut" dan metron = "mengukur")[1] adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari hubungan yang meliputi panjang dan sudut segitiga. Bidang ini muncul di masa Hellenistik pada abad ke-3 SM dari penggunaan geometri untuk mempelajari astronomi.

      Hapus
  9. Kenapa dalam perbandingan trigonometri dapat mengukur ketinggian tanpa harus memanjatnya?

    Soni Koswara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbandingan trigonometri dapat menghitung unsur-unsur segitiga. Jika dalam aplikasinya kita mengukur ketinggian tanpa memanjatnya.

      Hapus
  10. apakah teori trigonometri bisa di terapkan di pelajaran lain?







    Gilang Prayoga Juliawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada materi produktif akan di terapkan nilai perbandingan dari sinus, cosinus dan tangen

      Hapus
  11. Mengapa harus menggunakan rumus trigonometri untuk mengukur ketinggian?apakah ada rumus yang lain yang dapat mengukur ketinggian?



    Erik rizqi hidayat

    BalasHapus
  12. Mengukur ketinggian bisa juga menggunakan krsebangunan

    BalasHapus
  13. Siapakah penemu hitungan trigonometri?

    BalasHapus
  14. Maaf pak agak melenceng dari tema... Sebenernya, siapa penemu trigonometri ini...

    R.Alif luqman

    BalasHapus
  15. Materinya singkat namun langsung pada inti, mudah di mengerti dan tidak berbelit.

    #DigiSalmanPermana

    BalasHapus
  16. pa saya ingin bertaya siapakah penemu trigonometri

    BalasHapus
  17. Mntep pa menurut sayaa belajar di blog sangat bermanfaat karna tidak memerlukan waktu untuk tatap muka tapi bisa belajar dengan baik.
    #Zaenuri Ibrahim

    BalasHapus
  18. Apakah materi trigonometri bisa menghitung menara atau bangunan yang sangat tinggi?

    Reki Nurpadilah

    BalasHapus
  19. Penjelasan langsung ke intinya pa,mudah di
    Pahami,tidak membuang waktu yang banyak

    BalasHapus
  20. Bagaimana cara menerapkan kehidupan sehari2 dalam hitungan trigonometri

    BalasHapus
  21. Materi sangat bermanfaat, terimakasih


    Sandy pake y

    BalasHapus
  22. Materinya bermanfaat dan penjelasannya sangat baik




    Ripaldi.gustiaman

    BalasHapus
  23. Materi sangat bermanfaat dan tidak membuang waktu yang cukup banyak, terimakasih


    FAZRI NF


    #Fazri

    BalasHapus
  24. materi bisa dipahami,dan sangat bermanfaat.

    Yeo H

    BalasHapus
  25. Materinya sangat baik dan bermanfaat


    #Rokhmat ramdani

    BalasHapus
  26. Materi dan rumus bisa di pahami dan fapat di mengerti

    BalasHapus
  27. Materi nya mantap cukup canggih dan bisa di mengerti mantap.

    #Bhima Shakti Zanuar

    BalasHapus
  28. Materi lumayan mudah di pahami dan ngga bikin bosan

    #adspnn

    BalasHapus
  29. Materinya alhamdullilah mudah untuk dipahami dan sangat membantu..... Sangat efektif untuk mempersingkat waktu...

    BalasHapus
  30. Materi dan rumus busa di pahami dan dapat di mengerti :resha arya nugraha

    BalasHapus
  31. Materinya alhamdullilah mudah untuk dipahami dan sangat membantu..... Sangat efektif untuk mempersingkat waktu...



    Wilino tegar p

    BalasHapus
  32. Materi sangat mudah dipahami dengan jelas,dan sangat bermanfaat.

    Meldi supriman.

    BalasHapus
  33. Materinya sangat mudah di mengerti dan di pahami oleh siswa


    #Jujun zunaedi

    BalasHapus
  34. Materinya singkat jelas dan mudah dipahami.

    Suryawan L

    BalasHapus
  35. Terimakasih pak materi nya singkat dan dapat di pahami,semoga dapat bermanfaat bagi semuanya..amiin
    #DikyPratama

    BalasHapus
  36. Materi dapat di pahami dan rumus-rumusnya dapat d mengerti

    #M.Royyan

    BalasHapus
  37. Alhamdulilah materi bisa di mengerti dan gampang di pahami


    #Ilham_Dk

    BalasHapus
  38. Bagaimana cara nya agar mudah memahami rumus rumus "Trigonometri" dalam kehidupan sehari hari?



    #Reihan M.Denaldi
    #X-M1

    BalasHapus
  39. Materinya sangat bermanfaat dan alhaAlhamduli mudah dipahami

    #Andilaaa_12

    BalasHapus
  40. Materi sangat bermanfaat bagi siswa dan bagaimana agar memahami nya lebih mudah dan sangat gampang dimengerti



    #Ranggi
    #X-m1

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Materinya mudah dipahami dan Trigonometri mudah dikaitkan dalam bidang segitiga siku-siku (yang setiap dua ukuran sudut

    BalasHapus
  43. Materinya sangat bermanfaat dan Alhamdulillah mudah dipahami

    BalasHapus
  44. Materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami karena langsung kepada masalah ny



    # Andis aditia

    BalasHapus
  45. Materi nya mudah di pahami dan mudah di mengerti

    #Fathir N

    BalasHapus
  46. Bagaimana cara mudah untuk menghafal dan memahami rumus tersebut, tanpa penjelasan secara langsung dari pengajar?
    #MuhamadHaqunNazili

    BalasHapus
  47. Terimakasih pa atas materinya, materinya sangat bermanfaat, tapi saya ingin bertanya pa bagaimana caranya supaya saya bisa benar-benar memahami trigonometri?

    #DimasSofyanAzhari

    BalasHapus

Silahkan isi Komentarnya