1. Perbandingan Trigonometri Suatu Sudut pada Segitiga Siku-Siku
Perbandingan trigonometri untuk sudut α pada segitiga siku-siku OAB didefinisikan sebagai berikut.
x = sisi siku-siku samping sudut (proyeksi)
y = sisi siku-siku depan sudut (proyektor)
r = sisi miring (proyektum)
Suatu garis OP dengan O (0,0) dan P (12,5) membentuk sudut α terhadap sumbu X positif. Tentukan perbandingan trigonometrinya!
Penyelesaian:
2. Perbandingan Trigonometri Sudut Khusus
Sudut istimewa adalah sudut dengan nilai perbandingan trigonometri yang dapat ditentukan nilainya tanpa menggunakan tabel trigonometri atau kalkulator. Sudut-sudut istimewa antara lain: 0°, 30°, 45°, 60°, 90°, 120°, 135°, 150°, dan seterusnya.
a. Sudut 0°
b. Sudut 30° dan 60°
Jika ∠ ABC = 90° dan α 1 = 30° maka α 2 = 60°. Dengan perbandingan AB : BC : AC = : 1 : 2 diperoleh:
c. Sudut 45°
Jika ∠ ABC = 90° dan sudut α = 45° maka dengan memerhatikan gambar di samping diperoleh: AB = BC = sama panjang = 1; AC =
Diperoleh:
d. Sudut 90°
Karena α = 90° maka AC berimpit sumbu Y. Jadi AC = AB = 1 dan BC = 0.
Diperoleh:
Dari uraian di atas, diperoleh tabel sebagai berikut.
Contoh:
Diketahui segitiga ABC siku-siku di B, ∠ BAC = 30°, dan panjang sisi AC = 30 cm. Hitunglah panjang sisi a dan c.
3. Perbandingan Trigonometri Sudut di Berbagai Kuadran
a. Sudut pada Kuadran
Sumbu-sumbu pada koordinat membagi bidang koordinat menjadi empat daerah yang disebut kuadran. Dengan begitu, besar sudut α dapat dikelompokkan menjadi 4 daerah seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Dari gambar di atas dapat ditentukan tanda (+/–) nilai perbandingan trigonometri pada masing-masing kuadran.
i. Sudut Berelasi
a. Sudut di Kuadran I (0° < x < 90°)
Perhatikan Δ OAP di kuadran I dan titik P (x, y).
Dapat disimpulkan bahwa:
Contoh:
1. sin 30° = sin (90° – 60°) = cos 60°
2. cos 45° = sin (90° – 45°) = sin 45°
3. tan 30° = tan (90° –60°) = cot 60°
Perhatikan Δ OAP di kuadran I, titik P (x,y) dan titik P′ (–x,y) di kuadran II.
Dari beberapa rumusan di atas, dapat disimpulkan:
c. Sudut di Kuadran III (180° < x < 270°)
Perhatikan Δ OAP di kuadran I dan titik P (x,y) dan titik P′ (–x,–y) di kuadran III. Diperoleh relasi sebagai berikut.
Dari beberapa rumusan di atas, dapat disimpulkan:
d. Sudut di Kuadran IV (270° < x < 360°)
Perhatikan Δ OAP, titik P (x,y) di kuadran I, Δ OA′P′ dan P′ (x′,y′) di kuadran IV. Diperoleh relasi sebagai berikut.
Dari beberapa rumusan tersebut diperoleh hubungan sebagai berikut.
Siip....mantap materinya. Terima kasih
BalasHapusApakah materi terbaca dengan mudah?
HapusApakah dalam trigonometri hanya bisa mengukur sebuah pohon atau bangunan saja?
BalasHapusDian Ardiansah
Bisa mengukur tinggi gedung, menara, dan juga bisa ngukur lebar sungai
HapusMaterinya mudah dimengerti. Terima kasih
BalasHapusMuhammad alwan fauzan
Pelajari materinya kemudian coba kerjakan soal latihannya.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMaterinya cukup mudah dimengerti,dan akan coba diaplikasikan dikehidupan sehari-hari..makasih
BalasHapusMaterinya cukup mudah dimengerti,dan akan coba diaplikasikan dikehidupan sehari-hari..makasih
BalasHapusRaflianto
Siapa Penemu Trigonometri ? Dan apa tujuan dasar si penemu menciptakan Trigonometri ?
BalasHapusTegar Ikhwan Hakim A
Al-Khawarizmi
HapusApa Yang Dimaksud Dengan Trigonometri?
BalasHapusWily Suwandy
Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = "tiga sudut" dan metron = "mengukur")[1] adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari hubungan yang meliputi panjang dan sudut segitiga. Bidang ini muncul di masa Hellenistik pada abad ke-3 SM dari penggunaan geometri untuk mempelajari astronomi.
HapusKenapa dalam perbandingan trigonometri dapat mengukur ketinggian tanpa harus memanjatnya?
BalasHapusSoni Koswara
Perbandingan trigonometri dapat menghitung unsur-unsur segitiga. Jika dalam aplikasinya kita mengukur ketinggian tanpa memanjatnya.
Hapusapakah teori trigonometri bisa di terapkan di pelajaran lain?
BalasHapusGilang Prayoga Juliawan
Pada materi produktif akan di terapkan nilai perbandingan dari sinus, cosinus dan tangen
HapusMengapa harus menggunakan rumus trigonometri untuk mengukur ketinggian?apakah ada rumus yang lain yang dapat mengukur ketinggian?
BalasHapusErik rizqi hidayat
Mengukur ketinggian bisa juga menggunakan krsebangunan
BalasHapusSiapakah penemu hitungan trigonometri?
BalasHapusMaaf pak agak melenceng dari tema... Sebenernya, siapa penemu trigonometri ini...
BalasHapusR.Alif luqman
Materinya singkat namun langsung pada inti, mudah di mengerti dan tidak berbelit.
BalasHapus#DigiSalmanPermana
pa saya ingin bertaya siapakah penemu trigonometri
BalasHapusMntep pa menurut sayaa belajar di blog sangat bermanfaat karna tidak memerlukan waktu untuk tatap muka tapi bisa belajar dengan baik.
BalasHapus#Zaenuri Ibrahim
Apakah materi trigonometri bisa menghitung menara atau bangunan yang sangat tinggi?
BalasHapusReki Nurpadilah
Penjelasan langsung ke intinya pa,mudah di
BalasHapusPahami,tidak membuang waktu yang banyak
Bagaimana cara menerapkan kehidupan sehari2 dalam hitungan trigonometri
BalasHapusMateri sangat bermanfaat, terimakasih
BalasHapusSandy pake y
Materinya bermanfaat dan penjelasannya sangat baik
BalasHapusRipaldi.gustiaman
Materi sangat bermanfaat dan tidak membuang waktu yang cukup banyak, terimakasih
BalasHapusFAZRI NF
#Fazri
materi bisa dipahami,dan sangat bermanfaat.
BalasHapusYeo H
Materinya sangat baik dan bermanfaat
BalasHapus#Rokhmat ramdani
Materi dan rumus bisa di pahami dan fapat di mengerti
BalasHapusMateri nya mantap cukup canggih dan bisa di mengerti mantap.
BalasHapus#Bhima Shakti Zanuar
Materi lumayan mudah di pahami dan ngga bikin bosan
BalasHapus#adspnn
Materinya alhamdullilah mudah untuk dipahami dan sangat membantu..... Sangat efektif untuk mempersingkat waktu...
BalasHapusMateri dan rumus busa di pahami dan dapat di mengerti :resha arya nugraha
BalasHapusMaterinya alhamdullilah mudah untuk dipahami dan sangat membantu..... Sangat efektif untuk mempersingkat waktu...
BalasHapusWilino tegar p
Materi sangat mudah dipahami dengan jelas,dan sangat bermanfaat.
BalasHapusMeldi supriman.
Materinya sangat mudah di mengerti dan di pahami oleh siswa
BalasHapus#Jujun zunaedi
Materinya singkat jelas dan mudah dipahami.
BalasHapusSuryawan L
Terimakasih pak materi nya singkat dan dapat di pahami,semoga dapat bermanfaat bagi semuanya..amiin
BalasHapus#DikyPratama
Materi dapat di pahami dan rumus-rumusnya dapat d mengerti
BalasHapus#M.Royyan
Alhamdulilah materi bisa di mengerti dan gampang di pahami
BalasHapus#Ilham_Dk
Bagaimana cara nya agar mudah memahami rumus rumus "Trigonometri" dalam kehidupan sehari hari?
BalasHapus#Reihan M.Denaldi
#X-M1
Materinya sangat bermanfaat dan alhaAlhamduli mudah dipahami
BalasHapus#Andilaaa_12
Materi sangat bermanfaat bagi siswa dan bagaimana agar memahami nya lebih mudah dan sangat gampang dimengerti
BalasHapus#Ranggi
#X-m1
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMaterinya mudah dipahami dan Trigonometri mudah dikaitkan dalam bidang segitiga siku-siku (yang setiap dua ukuran sudut
BalasHapusMaterinya sangat bermanfaat dan Alhamdulillah mudah dipahami
BalasHapusMaterinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami karena langsung kepada masalah ny
BalasHapus# Andis aditia
Materi nya mudah di pahami dan mudah di mengerti
BalasHapus#Fathir N
Bagaimana cara mudah untuk menghafal dan memahami rumus tersebut, tanpa penjelasan secara langsung dari pengajar?
BalasHapus#MuhamadHaqunNazili
Terimakasih pa atas materinya, materinya sangat bermanfaat, tapi saya ingin bertanya pa bagaimana caranya supaya saya bisa benar-benar memahami trigonometri?
BalasHapus#DimasSofyanAzhari